Galeri Guru | Masih seputar KI dan KD Kurikulum 2013 yang akan kami sediakan dan kami juga pada artikel sebelumnya sudah sediakan KI dan KD dari mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3. Untuk sahabat galeri guru yang membutuhkan KI dan KD kurikulum 2013 dari mata peljaran Matematik yang akan kami uraikan dibawah secara lengkap agar dapat di pergunakan sebagai perbandingan atau suatu referensi pembuatan perangkat pembelajaran.
Untuk lebih jelasnya dari KI dan KD mata pelajaran matematika kurikulum 2013 kelas 3 dapat di simak disebagai berkut.
KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH
DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
(SD/MI)
MATA
PELAJARAN
MATEMATIKA
PEMERINTAH KABUPATEN ...........
SD NEGERI ..................
2018
KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
MATEMATIKASD/MI
KELAS
III
Tujuan kurikulu mmencakup empat kompetensi,
yaitu (1) kompetens isikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankanajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tetangganya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung
(indirect teaching), yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
3.1
Menjelaskan
sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
|
4.1
Menyelesaikan
masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan
cacah
|
3.2
Menjelaskan
bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan
|
4.2
Menggunakan
bilangan cacah dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan
|
3.3
Menyatakan
suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua
bilangan cacah
|
4.3
Menilai
apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali,
atau hasil bagi dua bilangan cacah
|
3.4
Menggeneralisasi
ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret
|
4.4
Menyajikan
pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret
|
3.5
Menjelaskan
dan melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
|
4.5
Menyelesaikan
masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
|
3.6
Menjelaskan
dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung
|
4.6
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan lama waktu suatu kejadian berlangsung
|
3.7
Mendeskripsikan
dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu
yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
4.7
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat,
dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
3.8
Menjelaskan
dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan
benda konkret
|
4.8
Menyelesaikan
masalah luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda
konkret
|
3.9
Menjelaskan
simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret
|
4.9
Mengidentifikasi
simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret
|
3.10 Menjelaskan dan menentukan keliling bangun
datar
|
4.10 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan keliling bangun datar
|
3.11 Menjelaskan sudut, jenis sudut (sudut
siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
|
4.11 Mengidentifikasi jenis sudut, (sudut
siku-siku, sudut lancip, dan sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
|
3.12 Menganalisis berbagai bangun datar
berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
|
4.12 Mengelompokkan berbagai bangun datar
berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
|
3.13 Menjelaskan data berkaitan dengan diri
peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar
|
4.13 Menyajikan data berkaitan dengan diri
peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar
|
Mengetahui:
Kepala
SDN...............
---------------------------------------
NIP.
-
|
Sebubus,
…………..……..
Guru
Kelas III
----------------------------------------
NIP.
-
|
Demikianlah yang dapat kami uraikan tentang KI Dan KD Kelas 3 Kurikulum 2013 Tahun 2018 Mapel Matematika - Galeri Guru, semoga bermanfaat dan membantu rekan guru dimanapun berada. Sekian dan terimakasih
EmoticonEmoticon