Berikut adalah contoh KI dan KD yang akan kami informasikan mengenai KI Dan KD Kelas 3 Kurikulum 2013 Tahun 2018 Mapel Bahasa Indonesia sebagai referensi bapak dan ibu untuk menyelesaikan administrasi. Dan dari contoh KI dan KD ini dari mata pelajaran Bahasa Indonsesia Kurikulum 2013.
Untuk lebih jelasnya bapak dan ibu bisa langsung melihatnya dibaawh sudah kami sediakan
KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH
DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
(SD/MI)
MATA
PELAJARAN
BAHASA
INDONESIA
PEMERINTAH KABUPATEN .........
SD NEGERI ..............
2018
KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
BAHASA
INDONESIASD/MI
KELAS
III
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi,
yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4)
keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual, yaitu “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”.
Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan
budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran sertakebutuhan dan
kondisi pesertadidik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru
dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan
dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanyaberdasarkan rasa ingintahutentangdirinya,
makhlukciptaanTuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1
Menggali
informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan
|
4.1
Menyajikan
hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan
sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku
dan kalimat efektif
|
3.2
Menggali
informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan,
tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
|
4.2
Menyajikan
hasil penggalian informasi tentang konsep sumber dan bentuk energi dalam
bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
|
3.3
Menggali
informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia
yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan
|
4.3
Menyajikan
hasil penggalian informasi tentang konsep perubahan cuaca dan pengaruhnya
terhadap kehidupan manusia dalam bentuk tulis menggunakan kosakata baku dan
kalimat efektif
|
3.4
Mencermati
kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat
hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan
setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau
eksplorasi lingkungan
|
4.4
Menyajikan
laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat
secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
|
3.5
Menggali
informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara
dan/atau eksplorasi lingkungan
|
4.5
Menyajikan
hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk
tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
|
3.6
Mencermati isi
teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan
transportasi di lingkungan setempat
|
4.6 Meringkas informasi tentang perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat secara tertulis
menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
|
3.7
Mencermati
informasi tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam
denah dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
|
4.7
Menjelaskan
konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dalam bentuk
tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
|
3.8
Menguraikan
pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan
tujuan untuk kesenangan
|
4.8
Memeragakan
pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku
dan kalimat efektif
|
3.9
Mengidentifi-kasi
lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta
artinya dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
|
4.9 Menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol
(rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam bentuk
visual dan tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
|
3.10 Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan
penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
|
4.10Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian
masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku
dan kalimat efektif yang dibuat sendiri
|
Mengetahui:
Kepala
SDN..............
----------------------------
NIP. -
|
Sebubus,
…………..……..
Guru
Kelas III
------------------------------------------
NIP. -
|
Sekian dan terimakasih semoga dengan adan artikel tentang KI Dan KD Kelas 3 Kurikulum 2013 Tahun 2018 Mapel Bahasa Indonesia dapat membatu rekan guru dimanapun berada, terutama yang mengajar di kelas 3 SD
EmoticonEmoticon