Selasa, 24 Juli 2018

KI Dan KD Kelas 3 Kurikulum 2013 Tahun 2018 Mapel Bahasa Indonesia

Berikut adalah contoh KI dan KD yang akan kami informasikan mengenai KI Dan KD Kelas 3 Kurikulum 2013 Tahun 2018 Mapel Bahasa Indonesia sebagai referensi bapak dan ibu untuk menyelesaikan administrasi. Dan dari contoh KI dan KD ini dari mata pelajaran Bahasa Indonsesia Kurikulum 2013. 
KI Dan KD Kelas 3 Kurikulum 2013 Tahun 2018 Mapel Bahasa Indonesia

Untuk lebih jelasnya bapak dan ibu bisa langsung melihatnya dibaawh sudah kami sediakan 


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH
(SD/MI)



MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA



PEMERINTAH KABUPATEN .........
SD NEGERI ..............
2018



KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIASD/MI
KELAS III

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial, yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran sertakebutuhan dan kondisi pesertadidik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3.  Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanyaberdasarkan rasa ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.   Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkananaksehat, dan dalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberiman dan berakhlakmulia

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1     Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
4.1   Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
3.2     Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
4.2   Menyajikan hasil penggalian informasi tentang konsep sumber dan bentuk energi dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
3.3     Menggali informasi tentang perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
4.3   Menyajikan hasil penggalian informasi tentang konsep perubahan cuaca dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam bentuk tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif

3.4     Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
4.4   Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
3.5     Menggali informasi tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan

4.5   Menyajikan hasil wawancara tentang cara-cara perawatan tumbuhan dan hewan dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
3.6     Mencermati isi teks informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat
4.6  Meringkas informasi tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
3.7     Mencermati informasi tentang konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan
4.7   Menjelaskan konsep delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dalam bentuk tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
3.8     Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan
4.8   Memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
3.9     Mengidentifi-kasi lambang/ simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam teks lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan

4.9  Menyajikan hasil identifikasi tentang lambang/simbol (rambu lalu lintas, pramuka, dan lambang negara) beserta artinya dalam bentuk visual dan tulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
3.10  Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.

4.10Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif yang dibuat sendiri



Mengetahui:
Kepala SDN..............



----------------------------
              NIP. -
Sebubus, …………..……..
Guru Kelas III



------------------------------------------
      NIP. -

Dan untuk contoh dari uraian diatas bapak ibu bisa mendownload disini

Sekian dan terimakasih semoga dengan adan artikel tentang KI Dan KD Kelas 3 Kurikulum 2013 Tahun 2018 Mapel Bahasa Indonesia dapat membatu rekan guru dimanapun berada, terutama yang mengajar di kelas 3 SD

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)