Contoh RPP Kimia Larutan Elektrolit Smt 2 Kurikulum 2013 SMA/SMK Kelas 10 - Selmat malam dan selamat datang sahabat galeri guru. Dari artikel sebumnya kami sudah bagika perangkat pembelajaran untuk bapak ibu guru yang mengajar di SMA kelas 10 kurikulum 2013 secara lengkap dari contoh RPP tentang Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi.
Untuk kali ini Rpp yang akan kami sajika masih untuk guru kelas 10 SMA kurikulum 2013 dari contoh materi RPP tentang Larutan Elektolit. Dan untuk lebih jelasnya dari Rpp Kurikulum 2013 SMA Semester 2 dapat dilihat dibawah ini.
RPP SMA/SMK Kurikulum 2013
Untuk kali ini Rpp yang akan kami sajika masih untuk guru kelas 10 SMA kurikulum 2013 dari contoh materi RPP tentang Larutan Elektolit. Dan untuk lebih jelasnya dari Rpp Kurikulum 2013 SMA Semester 2 dapat dilihat dibawah ini.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
X/Dua
Materi pokok : Larutan elektrolit dan Non
elektrolit
Alokasi Waktu : 1 x 3
JP
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalamberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
3.8
Menganalisis sifat larutan
elektrolit dan larutan nonelektrolit berdasarkan daya hantar listriknya.
Indikator:
1. Menyebutkan pengertian larutan elektrolit dan non
elektrolit
2. Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit
dan non elektrolit melalui percobaan
3. Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit
dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran
listriknya
4. Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus
listrik
5. Mendeskripsikan bahwa
larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
4.8 Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan
untuk mengetahui sifat larutan elektrolit dan larutan non- elektrolit
Indikator:
1. Merancang percobaan untuk menyelidiki sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya
2. Melakukan
percobaandaya hantar listrik pada
beberapa larutan.
3. Mengamati
dan mencatat data hasil percobaandaya hantar listrik pada beberapa larutan.
4. Menganalisis
data hasil percobaan daya hantar listrik larutan elektrolit dan larutan
non-elektrolit.
5. Menyimpulkan
sifat larutan berdasarkan daya hantar listrik larutan elektrolit dan larutan
non-elektrolit.
6. Menyimpulkan
bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion atau senyawa kovalen polar
7. Mengkomunikasikan
hasil percobaan larutan elektrolit dan non elektrolit
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat menyadari adanya keteraturan sifat hantar listrik pada larutan sebagai
wujud kebesaran Tuhan YME.
2.
Siswa
dapat menunjukan sikap positip (individu dan sosial) dalam diskusi kelompok
3.
Siswa
dapat menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan
kejujuran, ketelitian, disiplin dan tanggung jawab
4.
Siswa
dapat menyebutkan pengertian larutan elektrolit dan non elektrolit
5.
Siswa
dapat mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan iswnon
elektrolit melalui percobaan
6.
Siswa
dapat mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit
berdasarkan sifat hantaran listriknya
7.
Siswa
dapat menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus
listrik
8.
Siswa
dapat mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan
senyawa kovalen polar.
9.
Siswa
dapat merancang percobaan untuk menyelidiki
sifat larutan berdasarkan daya
hantar listriknya
10.
Siswa
dapat melakukan percobaan.daya hantar listrik pada beberapa larutan.
11.
Siswa
dapat mengamati dan mencatat data hasil percobaan.daya hantar listrik pada
beberapa larutan.
12.
Siswa
dapat menyimpulkan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion atau
senyawa kovalen polar
13.
Siswa
dapat menganalisis data hasil percobaan larutan berdasarkan daya hantar listrik
larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit.
14.
Siswa
dapat menyimpulkan sifat larutan berdasarkan daya hantar listrik larutan
elektrolit dan larutan non-elektrolit.
D. Materi
Pembelajaran
·
Fakta
o
Konduktor
o
Isolator
o
Pelarut
o
Terlarut
·
Konsep
o
Larutan
o
Larutan
elektrolit
o
Larutan
non elektrolit
o
Reaksi
o
ionisasi
·
Prinsip
o
Peran ion
dalam hantaran listrik larutan(teori
Arrhenius)
o
Kekuatan
elektrolit
o
Prosedur
o
Langkah
kerja percobaan daya hantar listrik dalam larutan
Suatu larutan yang
dapat menghantarkan listrik dinamakan larutan elektrolit.Kekuatan menghantarkan
listrik tergantung pada jumlah ion yang terdapat dalam larutan tersebut.Semakin
banyak jumlah ionnya semakin kuat sifat elektrolitnya.Hal ini disebabkan oleh
derajat ionisasi zat yang terlarut.
1.
LARUTAN ELEKTROLIT
KUAT
·
Mempunyai
derajat ionisasi 1 (
= 1 )
·
Terion
sempurna
Contoh : HCl(aq), H2SO4(aq),
NaCl(aq), NaOH(aq)
HCl(aq) à
H+(aq) + Cl-(aq)
NaCl(aq) à
Na+(aq) + Cl-(aq)
H2SO4(aq) à2H+(aq) + SO42-(aq)
NaOH(aq)àNa+(aq) + OH-(aq)
2.
LARUTAN ELEKTROLIT
LEMAH
·
Mempunyai
derajat ionisasi ( 0<
< 1 )
·
Terion
sebagian
Contoh : CH3COOH(aq),
NH4OH(aq)
CH3COOH(aq)
CH3COO-(aq) + H+(aq)
NH4OH(aq)
NH4+(aq)
+ OH-(aq)
3.
LARUTAN NON
ELEKTROLIT
·
Mempunyai
derajat ionisasi (
= 0 )
·
Tidak
terion
Contoh
:CO(NH2)2(aq), C12H22O11(aq)
CO(NH2)2(aq)
àCO(NH2)2(aq)
( tidak terion )
C12H22O11(aq)
à C12H22O11(aq)
( tidak terion )
4. JENIS
SENYAWA ELEKTROLIT
No
|
Jenis
Senyawa
|
Sifat
Senyawa
(
elektrolit / non elektrolit )
|
||
Padat
|
Lelehan
|
Larutan
|
||
1.
2.
|
Senyawa
ion (NaCl, MgCl2)
Senyawa
kovalen polar (HCl, HBr)
|
Non
elektrolit
Non
elektrolit
|
Elektrolit
Non
elektrolit
|
Elektrolit
Elektrolit
|
Pada senyawa ion
yang berwujud lelehan dan larutan ion-ionya dapat bergerak bebas, sedangkan
pada wujud padat tidak.Demikian pula pada senyawa kovalen hanya yang berwujud
larutanlah yang ionnya dapat bergerak bebas.Jadi sifat elektrolit suatu senyawa
ditentukan oleh ionnya.
METODE PEMBELAJARAN:
1.
Eksperimen
2.
Diskusi
Kelompok
3.
Inquiri
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media.
Bahan
Tayang
2.
Alat/Bahan
alat uji elektrolit, gelas kimia, Beberapa sampel larutan elektrolit, nonelektrolit
3.
Sumber Belajar
§ Michael Purba, Kimia Kelas X SMA /MA , Erlangga ,Jakarta
§ Supplement books:
·
Cerdas Belajar Kimia, Nana Sutresna, Grafindo
Media Pratama, 2008
·
buku pegangan Kimia jilid
1, Buku Kimia Penunjang Aktifitas Siswa,
dan hands out
·
Lembar kerja
§ Internet
http://e-dukasi.net
http://psb-psma.org
G. Langkah-langkahKegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Waktu
|
Keterangan
|
A.
Pendahuluan
1) Siswa merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi ,absensi
2) Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis, guru mengajukan pertanyaan tentang larutan gula dan
larutan asam cuka
3) Guru memotivasi siswa tayangan video “Nelayan”
4) Siswa menerima informasi kompetensi, materi,
tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
5) Guru menagih
secara lisan tugas baca dan mencari
artikel tentang larutan elektrolit dan nonelektrolit
|
15’
|
Guru
menagih secara lisan tugas baca
dan tugas mencari artikel tentang larutan elektrolit dan nonelektrolit
|
B.
Kegiatan Inti Guru
1.
Siswa diminta mengkaji
literatur tentang larutan elektrolit dan nonelektrolit.
2.
Guru mengajukan pertanyaan apakah semua larutan dapat
menghantarkan arus listrik? Mengapa ikan di sungai bisa mati tersengat arus
listrik? Apa manfaat larutan elektrolit dalam kehidupan?
3. Siswa diminta merancang percobaan
untuk menyelidiki sifat larutan
berdasarkan daya hantar listrik dan
mempresentasikan hasilnya untuk menyamakan persepsi.
4. Siswa melakukan percobaandaya hantar listrik pada beberapa larutan.
5.
Siswa mengamati
dan mencatat data hasil percobaandaya hantar listrik pada beberapa larutan.
6. Siswa menganalisis data hasil percobaan untuk
menyimpulkan sifat larutan berdasarkan daya hantar listriknya (larutan
elektrolit dan larutan non-elektrolit).
7. Siswa mengelompokkan larutan berdasarkan jenis ikatan
dan menjelaskannya.
8. Siswa menyimpulkan bahwa larutan elektrolit dapat
berupa senyawa ion atau senyawa kovalen polar
9. Siswa menyajikan laporan hasil percobaan tentang
daya hantar listrik larutan elektrolit kuat, larutan elektrolit lemah, dan larutan nonelektrolit.
|
90’
|
|
C.
Penutup
·
Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentanglarutan elektrolit dan
nonelektrolit
·
Guru meminta siswa mencatat
soal penugasan mengenai larutan
elektrolit dan nonelektrolit
·
Guru memberikan tugas baca bagi siswa untuk
materi berikutnya
|
30’
|
|
H. Penilaian
No
|
Aspek
|
Mekanisme
dan Prosedur
|
Instrumen
|
Keterangan
|
1.
|
Sikap
|
-
Observasi
Kerja Kelompok
|
- Lembar Observasi
|
|
2.
|
Pengetahuan
|
-
Penugasan
-
Tes
Tertulis
|
-
Soal
Penugasan
-
Soal
Objektif
|
|
3.
|
Ketrampilan
|
-
Kinerja
Presentasi
-
Laporan
Praktik
|
-
Kinerja
Presentasi
-
Rubrik
Penilaian
|
Grobogan, Agustus
2014
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran KIMIA
Nur Fuadi, B.A Isti
Qomariyah, S.Pd
Catatan Kepala Sekolah
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Lampiran 1
Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran
:.................................................................................
Kelas/Semester :................................................................................
Tahun Ajaran :................................................................................
Waktu Pengamatan :
...............................................................................
Indikator perkembangan sikapreligius,tanggung
jawab,peduli,responsif, dansantun
1. BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2. MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3. MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas yang cukup sering dan mulai
ajeg/konsisten
4. MK (membudaya) jika
menunjukkan adanya usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Tanggug
jawab
|
Peduli
|
Responsif
|
Santun
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|||||||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||||||||
...
|
Keterangan
1 BT= kurang
2 MT= sedang
3 MB= baik
4 MK= sangat baik
Lampiran 2
a. Lembar Observasi dan kinerja presentasi mengenai sikap ilmiah saat
diskusi dan presentasi
LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI DAN KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran :
KIMIA
Kelas/Program :
X/M-IPA
Kompetensi :
……………
No
|
Nama Siswa
|
Observasi
|
Kinerja
Presentasi
|
Jml
Skor
|
||||||||
Kejujuran
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
peduli
|
Kerja sama
|
juml
|
Presentasi
|
Visual
|
Isi
|
||||
(1
|
(2
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
||||
1.
|
Abdus Shamad
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
24
|
4
|
3
|
3
|
10
|
|
2.
|
||||||||||||
3.
|
||||||||||||
4.
|
||||||||||||
5.
|
||||||||||||
6.
|
||||||||||||
7.
|
||||||||||||
8.
|
||||||||||||
9.
|
||||||||||||
10.
|
||||||||||||
11.
|
Keterangan pengisian skor
4. Sangat
tinggi
3. Tinggi
2. Cukup
tinggi
1. Kurang
PresentasiKelompok
Aspek:
1. Penguasaan Isi
2. Teknik Bertanya/ Menjawab
3 Metode Penyajian
INDIKATOR KOMPETENSI INTI 1 DAN
2
1.
Jujur
a. Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b. Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
2.
Disiplin
a.
Selalu hadir di kelas tepat
waktu
b.
Mengerjakan LKS sesuai
petunjuk dan tepat waktu
c.
Mentaati aturan main dalam
kerja mandiri dan kelompok
3.
Tanggung jawab
a.
Berusaha menyelesaikan tugas
dengan sungguh-sungguh
b.
Bertanya kepada teman/guru
bila menjumpai masalah
c.
Menyelesaikan permasalahan
yang menjadi tanggung jawabnya
d.
Partisipasi dalam kelompok
4.
Peduli
a.
Menjaga kebersihan kelas, membantu teman yang
membutuhkan
b.
Menunjukkan rasa empati dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
c. Mampu memberikan ide/gagasan
terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
d.
Memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya
5.
Kerja sama
a.
Mengerjakan LKS dengan
sungguh-sungguh
b.
Menunjukkan sikap bersahabat
c. Berusaha menemukan solusi
permasalahan secara bersama dlm kelompoknya
d.
Menghargai pendapat lain
PEDOMAN PENILAIAN:
a.
Penilaian dilakukan dengan
cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam
waktu tertentu.
b. Hasil yang dicapai selanjutnya dicatat, dianalisis dan
diadakan tindak lanjut.
Lampiran 3
·
Laporan praktikum
Menyajikan laporan hasil percobaan tentang daya hantar listrik larutan elektrolit kuat, larutan elektrolit lemah, dan larutan
nonelektrolit.
Portofolio/Produk (fokus penilaian pada) aspek:
1. Visual laporan
2. kelengkapan.
3. jawaban pertanyaan
Struktur laporan adalah sebagai berikut
a. Judul
b. Tujuan
c. Landasan teori
d. Alat dan bahan (sertakan dengan gambar atau foto)
e. Langkah kerja
f. Data percobaan
g. Jawaban pertanyaan
h. Kesimpulan
i. Referensi
Contoh Instrumen Laporan
Praktik
No.
|
Kriteria
|
Predikat
|
1.
|
Sesuai
tujuan
|
Baik
jika 3 terpenuhi (8) - 80
Sedang
jika 2 terpenuhi (7) -70
Kurang
jika 1 terpenuhi (6) -60
Tdk
ada (5)-50
|
2.
|
Sesuai
dengan data
|
|
3.
|
Benar/sesuai
teori
|
Link Download : Contoh RPP Kimia Larutan Elektrolit Smt 2 Kurikulum 2013 SMA/SMK Kelas 10
- Panduan Administrasi Kimia SMA Kelas 10.
- Prota dan Promes Kimia Kelas 10 K13
- RPP Kimia-Hukum Dasar Kimia Smt 1
- RPP Bab 1 KP 1 Mengenal Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit.rtf
- RPP Bab 1 KP 2 Mengaplikasikan Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit dalam.rtf
- RPP Bab 2 KP 1 Mengenal Reaksi Redoks.rtf
- RPP Bab 2 KP 2 Mempelajari Penerapan Konsep Redoks.rtf
- RPP Bab 3 KP 1 Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi.rt
- RPP Bab 3 KP 2 Mempelajari Penyetaraan Reaksi.rtf
- RPP Bab 4 KP 1 Mengenal Hukum-Hukum Dasar Kimia.rtf
- RPP Bab 4 KP 2 Mempelajari Perhitungan Kimia.rtf
- RPP Kimia-Larutan Elektrolit Smt 2
- RPP Kimia-Hidrokarbon Smt 2
Baru saja bapak ibu menyimak tentang Contoh RPP Kimia Larutan Elektrolit Smt 2 Kurikulum 2013 SMA/SMK Kelas 10 yang dapat kami sediakan diatas, silahkan di unduh dan dibagikan agar lebih bermanfaat untuk sahabat guru lainnya.
EmoticonEmoticon