Rabu, 04 Juli 2018

Contoh RPP Bab 2 KP 1 Mengenal Reaksi Redoks. Kurikulum 2013 SMA Kelas 10 - Galeri Guru

Contoh RPP Bab 2 KP 1 Mengenal Reaksi Redoks. Kurikulum 2013 SMA Kelas 10 : Sasaran utama seorang guru setiap menjelang Ajaran baru adalah dengan mempersiapkan perangkat administrasi kelas. Dengan administrasi kelas ini menjadi kebutuhan utama bagi guru sebelum memulai proses belajar mengajar.

Diantara sekian banyaknya administrasi kelas yang harus dibuat tak lepas dari salah satunya adalah RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Tanpa adanya atau tidak dibuatkannya RPP maka guru tidak akan dapat memberikan laporan pencapaian tiap kompetensi pembelajaran yang sudah di ajarkan kepada peserta didik.

Contoh RPP Bab 2 KP 1 Mengenal Reaksi Redoks. Kurikulum 2013 SMA Kelas 10 - Galeri Guru

Untuk itula, dari sekian banyakanya Administrasi yang harus dibuat. Dibawah ini kami sediakan beberapa contoh RPP untuk Guru yang mengajar di SMU sederajat Kelas 10 kurikulum 2013. 

CONTOH MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)        
Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas
                        Mata Pelajaran            : Kimia
Kelas / Semester          : X / Semester 2
Materi                          : Mengenal Reaksi Redoks
Jumlah Pertemuan       : 3 pertemuan

A.    Komptensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusian, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat:
1.    menghayati dan mengamalkan kebesaran Tuhan melalui materi mengenal reaksi redoks,
2.    menghayati dan mengamalkan perilaku ilmiah dalam merancang dan melakukan percobaan reaksi oksidasi dan reduksi,
3.    menjalankan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan dalam mempelajari materi mengenal reaksi oksidasi dan reduksi,
4.    menjalankan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana dalam mempelajari materi konsep redoks,
5.    menganalisis perkembangan konsep redoks dan menentukan bilangan oksidasi atom dalam molekul atau dalam ion,
6.    merancang percobaan dan menyajikan hasil percobaan dari reaksi oksidasi dan reduksi.
C.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1  Menyadari adanya keteraturan struktur partikel materi sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang struktur partikel materi sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif
1.1  Peserta didik menghayati kebesaran Tuhan melalui materi mengenal reaksi oksidasi dan reduksi.
1.2  Peserta didik mengamalkan kebesaran Tuhan melalui materi mengenal reaksi oksidasi dan reduksi.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.1  Peserta didik menghayati perilaku ilmiah dalam merancang percobaan reaksi oksidasi dan reduksi.
2.2  Peserta didik mengamalkan perilaku ilmiah dalam melakukan percobaan reaksi oksidasi dan reduksi.
2.2    Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam
3.1  Peserta didik mengamalkan jujur, disiplin, dan kerjasama dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan reaksi oksidasi dan reduksi.

3.2  Peserta didik mengamalkan perilaku peduli lingkungan dalam mengenal reaksi oksidasi dan reduksi serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.3  Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
4.1  Peserta didik menjalankan perilaku bijaksana dalam menentukan bilangan oksidasi.
4.2  Peserta didik menjalankan responsif dalam berlatih menentukan bilangan oksidasi.
3.6  Menganalisis perkembangan konsep reaksi oksidasi – reduksi serta menentukan bilangan oksidasi atom dalam molekul atau ion.
5.1   Peserta didik menganalisis perkembangan konsep reaksi oksidasi – reduksi.
5.2   Peserta didik menentukan bilangan oksidasi atom dalam molekul atau ion.
4.9  Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan reaksi oksidasi – reduksi.
6.1  Peserta didik merancang dan melakukan percobaan reaksi oksidasi – reduksi.
6.2  Peserta didik menyimpulkan dan menyajikan hasil percobaan reaksi oksidasi – reduksi.

D.    Materi
Mengenal Reaksi Oksidasi dan Reduksi
1.    Perkembangan Konsep Reaksi Redoks
2.    Bilangan Oksidasi
3.    Reaksi Autoredoks

E.     Metode Pembelajaran
1.        Metode:
a.        Metode Ceramah
b.       Metode Diskusi
c.        Metode Pemecahan Masalah
d.       Metode Eksperimen
2.        Pendekatan
·          Pendekatan ilmiah (scientific approach)

F.     Media dan Sumber Belajar
1.        Media Pembelajaran
·          Media Presentasi (Power Point)
2.        Sumber Pembelajaran
a.        Buku ajar Kimia X
b.       Alat-alat bahan praktikum serta media presentasi
c.        Referensi lain:
Briggs, J. G. R. 1998. A-Level Guide Chemistry. Singapore: Longman.
Burns, Ralph A. 1995. Fundamental of  Chemistry. New Jersey: Pretice hall, Inc.
Chang, Raymond. 2003. Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti. Jakarta: Erlangga.          
Depdikbud. 1981. Petunjuk Praktikum Ilmu Kimia. Jakarta: Depdikbud.
Gallagher, Rose Marie, et. Al. 1994. Coordinated Science Chemistry. New Yorrk: Oxford
Gendell, Julien. 1993. Basic Chemistry: A Problem Solving Approach. New York: West Publishing Company.

G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1.      Pendahuluan (10 menit)
a.        Guru mengucapkan salam dilanjutkan dengan mengajak peserta didik untuk melakukan doa bersama.
b.       Guru memberikan motivasi, mengondisikan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
c.        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.       Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan.
e.        Guru menjelaskan perkembangan konsep reaksi redoks.
2.        Kegiatan Inti (70 menit )
a.       Mengamati
1)       Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati buah apel yang mengalami oksidasi.
2)       Peserta didik mengamati oksidasi dan reduksi sebagai reaksi penggabungan dan pelepasan oksigen dari membaca buku ajar.
3)       Peserta didik mengamati oksidasi reduksi sebagai reaksi pelepasan dan penerimaan elektron dari membaca buku ajar.
4)       Peserta didik mengamati perubahan bilangan oksidasi dari contoh soal yang diberikan guru di kelas.
b.       Menanyakan (merumuskan masalah/hipotesisi)
1)      Guru memberikan kesempatan dan memberikan dorongan kepada seluruh peserta didik untuk mengajukan pertanyaan,
2)      Peserta didik mengajukan pertanyaan sehubungan dengan perkembangan konsep reaksi reoks, seperti mengapa daging buah apel yang tadinya berwarna putih setelah di biarkan di udara terbuka menjadi coklat?
c.        Mengumpulkan data/eksperimen/Observasi/mengamati
Mengunjungi website yang membahas tentang perkembangan konsep reaksi redoks.
d.       Membuat Asosiasi
1)      Peserta didik merumuskan pengertian reaksi reduksi dan oksidasi berdasarkan  penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
2)      Peserta didik merumuskan reaksi reduksi dan oksidasi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
3)      Peserta didik menemukan keterkaitan reaksi redoks dengan reaksi kimia.
e.        Mengomunikasikan
1)       Peserta didik membuat inti sari tentang pengertian reaksi reduksi dan oksidasi berdasarkan  penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
2)       Peserta didik membuat inti sari tentang beberapa contoh reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari.
3)       Peserta didik membacakan inti sarinya di depan kelas.
3.       Kegiatan Penutup (10 menit)
a.        Bersama peserta didik membuat kesimpulan bersama tentang perkembangan konsep reaksi redoks.
b.        Guru memberikan tugas rumah tentang perkembangan konsep reaksi redoks.
c.        Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
d.       Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama peserta didik sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan ke-2
1.       Pendahuluan (15 menit)
a.        Guru mengucapkan salam dilanjutkan dengan mengajak peserta didik untuk melakukan doa bersama.
b.        Guru memberikan motivasi, mengondisikan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
c.        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.       Guru mengajukan pertanyaan terkait pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya. Misalnya: “Siapa yang masih ingat materi tentang reaksi oksidasi dan reduksi?”, “Jelaskan pengertian reaksi oksidasi dan reduksi berdasarkan penggabungan dan pelepasan oksigen!”, “Sebutkan contoh reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari!”.
e.        Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan.
f.         Guru menjelaskan bilangan oksidasi.
2.       Kegiatan Inti ( 65 menit )
a.        Mengamati
1)      Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati bilangan oksidasi beberapa unsur dari contoh yang dijelaskan guru di kelas.
2)      Peserta didik mengamati cara menentukan bilangan oksidasi dari suatu unsur bebas ataupun senyawanya.
b.       Menanyakan (merumuskan masalah/hipotesis)
1)      Guru memberikan kesempatan dan memberikan dorongan kepada seluruh peserta didik untuk mengajukan pertanyaan,
2)      Peserta didik mengajukan pertanyaan sehubungan dengan bilangan oksidasi, seperti berikut ini.
Diketahui reaksi: 2HNO3 + 3H2S ® 2NO + 3S + 4H2O
a)        Tuliskan perubahan bilangan oksidasinya!
b)       Tentukan oksidator dan reduktornya!
c)        Tentukan hasil oksidasi dan hasil reduksinya!
c.        Mengumpulkan data/eksperimen/Observasi/mengamati
·         Mengunjungi website yang membahas tentang bilangan oksidasi.
d.       Membuat Asosiasi
1)      Peserta didik merumuskan bilangan oksidasi unsur bebas ataupun senyawa.
2)      Peserta didik menemukan keterkaitan bilangan oksidasi suatu unsur dengan reaksi oksidasi dan reduksi.
e.        Mengomunikasikan
1)      Peserta didik bersama kelompoknya diskusi tentang penyelesaian soal yang diberikan guru.
2)      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.
3.       Kegiatan Penutup (10 menit)
a.        Bersama peserta didik membuat kesimpulan bersama tentang bilangan oksidasi.
b.        Guru memberikan tugas rumah tentang bilangan oksidasi.
c.        Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
d.       Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama peserta didik sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan ke-3
1.       Pendahuluan (15 menit)
a.        Guru mengucapkan salam dilanjutkan dengan mengajak peserta didik untuk melakukan doa bersama.
b.        Guru memberikan motivasi, mengondisikan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
c.        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.       Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan.
e.        Guru mengajukan pertanyaan terkait pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya. Misalnya: “Siapa yang masih ingat materi tentang bilangan oksidasi?”, “Berapa bilangan oksidasi Mn dari MnO2?”.
f.         Guru menjelaskan reaksi autoredoks, oksidator, dan reduktor.
2.       Kegiatan Inti (65 menit)
a.        Mengamati
1)      Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati contoh reaksi autoredoks yang dituliskan guru di papan tulis.
2)      Peserta didik mengamati cara menentukan reduksi dan oksidasi pada reaksi autoredoks.
b.       Menanyakan (merumuskan masalah/hipotesis)
1)      Guru memberikan kesempatan dan memberikan dorongan kepada seluruh peserta didik untuk mengajukan pertanyaan,
2)      Peserta didik mengajukan pertanyaan sehubungan dengan reaksi autoredoks, oksidator, dan reduktor, seperti berikut ini.
a)        Apa yang dimaksud dengan reaksi autoredoks?
b)       Bagaimana cara membedakan reaksi autoredoks dan reaksi redoks.
c.        Mengumpulkan data/eksperimen/Observasi/mengamati
·         Mengunjungi perpustakaan guna membaca buku yang berkaitan dengan reaksi autoredoks.
d.       Membuat Asosiasi
1)      Peserta didik merumuskan reaksi autoredoks.
2)      Peserta didik menemukan keterkaitan reaksi autoredoks dengan reaksi redoks.
e.        Mengomunikasikan
1)      Peserta didik membuat soal yang berkaitan dengan reaksi autoredoks.
2)      Peserta didik meminta peserta didik lainnya menjawab soal dan sekaligus menjelaskannya di depan kelas.
3.       Kegiatan Penutup (10 menit)
a.        Bersama peserta didik membuat kesimpulan bersama tentang reaksi autoredoks, oksidator, dan reduktor.
b.        Guru memberikan tugas rumah tentang reaksi autoredoks, oksidator, dan reduktor.
c.        Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
d.       Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama peserta didik sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.


H.    PENILAIAN
1.       Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
1.  Pengamatan Sikap
1. Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
2.  Portofolio
2.  Panduan Penyusunan Portofolio
3.  Tes Tertulis
3.  Tes Uraian dan Pilihan Ganda
2.       Lembar Pengamatan Sikap
No.
Aspek yang Dinilai
3
2
1
Keterangan
1.
Menghayati dan mengamalkan kebesaran Tuhan
melalui materi mengenal reaksi oksidasi dan reduksi.




2.
Memiliki rasa ingin tahu (curiosity)




3.
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




3.       Lembar Penilaian Sikap
No
Aspek yang Dinilai
Nilai
Rubrik
1.
Mengagumi dan bersyukur kepada Tuhan atas diciptakannya berbagai ilmu pengetahuan khususnya Kimia sehingga dapat dimanfaatkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk kesejahteraan makhluk hidup.
3


2


1


Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap materi pelajaran terkait dengan ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
Belum secara eksplisit menunjukkan ekspresi kekaguman atau ungkapan syukur, namun menaruh minat terhadap keseluruhan kegiatan belajar mengajar.
Belum menunjukkan ekspresi kekaguman, atau menaruh minat terhadap belum menunjukkan kekaguman terhadap keseluruhan kegiatan belajar mengajar dengan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.
Menunjukkan rasa ingin tahu (curiosity)
3

2


1


Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
Menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif ketika diminta atau disuruh.
Tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat.
3.
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok

3

2


1

Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya.
Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai tepat waktu.

4.       Tes Uraian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan tepat! Kerjakanlah dengan jujur! Yakinlah pada kemampuan Anda!
1.         Sebutkan 3 konsep pengertian reaksi redoks!
Jawab:....................................................................................................................
2.         Tentukan bilangan oksidasi unsur dalam senyawa berikut!
a. Cr dalam KCrO4
b. O dalam H2O2
c. Na dalam NaHCO3
Jawab:....................................................................................................................
3.         Tentukan perubahan bilangan oksidasi dan golongkan apakah reaksi oksidasi atau reduksi!
a. MnO4- ® Mn2+     d. NO2 ® NO3-
b. SO2 ® SO42-         e. ClO3- ® Cl2
c. C2O42-  ® CO2
Jawab:....................................................................................................................
4.         Sebutkan oksidator, reduktor, hasil oksidasi, dan hasil reduksi dari reaksi redoks berikut ini!
a. 2CuSO4 + 4KI ® 2CuI + I2 + 2K2SO4
b. 2MnO4- + 5C2O42- + 16H+ ® 2Mn2+ + 10CO2 + 8H2O
c. FeCl3 + H2S ® FeCl2 + 2HCl + S
d. 3Mg + N2 ® Mg3N2
e. 2Sr + O2 ® 2SrO
Jawab:....................................................................................................................
5.          Apa yang dimaksud dengan reaksi disproporsionasi?
Jawab:....................................................................................................................

……….., ……………..........
Mengetahui                                                                              Penyusun,
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Kimia





(.......................................)                                                       (.........................................)

NIP.                                                                                         NIP.    

Dibawah ini kami sudah sediakan contoh Rpp Kimia untuk bapak ibu yang mengajar di kelas 10 kurikulum 2013.

Link Download

Terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat dari Contoh RPP Bab 2 KP 1 Mengenal Reaksi Redoks. Kurikulum 2013 SMA Kelas 10 yang dapat kami bagikan diatas,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)