Download Revisi Panduan Penilaian Kelas Untuk SMP ini merupakan file hasil revisi tahun 2016 yang dapat menjadi acuan dalam penilaian di kurikulum 2013. Dan adapun file panduan kurikulum 2013 ini kami khususkan untuk jenjang sekolah menengah pertama (SMP) sederajat yang barang kali belum ada yang memiliki dan kami bagikan secara gratis.
Adapun untuk bentuk penilaian, macam-macam penilaian dan konsep penilaian akan kami bahas sedikit dibawah ini agar dapat menjadi sumber wawasan tentang penilaian kurikulum 2013.
Prinsip Penilaian :
Mengatur capaian kompetensi siswa
Berdasar kriteria
Berkelanjutan, untuk perbaikan dan peningkatan
Analisa untuk tindak lanjut pembelajaran
Sesuai pengalaman belajar siswa
Macam-macam penilaian antara lain :
Penilaian kelas : Penilaian otentik, penilaian klasik, pendilaian diri, junala dan yang lainnya
Penilaian satuan pendidikan : untuk kelas II, IV, VIII dan XI, Ujian sekolah
Penilaian eksternal (oleh pemerintah) UMTK Kelas II, IV, VIII dan XI, UN (populasi.
konsep Penilaian :
Penilaian dilakukan oleh pendidik baik selama proses pembelajaran (formative Assessment) maupun akhir pembelajaran (summative assessment)
Tujuan penilaian : Formatif (membentuk karakter dan perilaku, menjadikan pembelajar sepanjang hayat - To Drive Learning, terampil) diagnostik (Melihat perkembangan siswa dan feedback-koreksi pembelajaran) serta mengukur achievement atau capaian agar dapat dilakukan evaluasi hasil pembelajaran.
Ranah yang dinilai tidak hanya pengetahuan dan keterampilan, melainkan juga sikap dan perilaku (Attitude and Behavior)
Proses Penilaian
Lebih sederhana, terjangkau untuk dilakukan, tidak menjadi beban bagi guru atau siswa tetapi tetap menutamakan prinsip dan kaidah penilaian
Penilaian yang dilakukan tidak hanya " Assessment Of Learning" melainkan "Assessment For Learning" dan Assessment as Learning"
Penilain untuk, sebagai, dan atas pembelajaran
Diagnostic assessment
|
Assessment for learning
|
Penilaian
untuk mengetahui kesulitan belajar siswa sebagai dasar untuk melakukan
perbaikan
|
Memungkinkan
guru menggunakan informasi kondisi siswa untuk pembelajaran
|
Formative assessment
|
Assessment as learning
|
Fokus pada
pemantauan untuk meningkatkan pembelajaran siswa
|
Memungkinkan
siswa untuk bercermin pada capaian dan kemajuan belajarnya sendiri serta
menentukan target belajarnya
|
Summative assessment
|
Assessment of learning
|
Menggambarkan
capaian yang telah dicapai terhadap acuan standar
|
Membantu
guru untuk mengukur capaian siswa terhadap tujuan kompetensi dan standar yang
ada
|
Kompetensi Inti
|
Penilaian Saat Ini
|
Penyempurnaan
|
Sikap
Spiritual (KI-1)
Sikap Sosial (KI-2) |
Penilaian
dilakukan pada setiap KD dengan menggunakan berbagai teknik (observasi,
jurnal, penilaian diri, dan penilaian antar-teman)
|
KI-1 dan
KI-2 tidak dinilai pada setiap KD, dinilai oleh guru berdasar observasi sikap
dan perilaku siswa sehari-hari dengan tujuan untuk mengembangkan sikap dan
karakter (formatif), penilaian untuk laporan ditetapkan dalam rapat dewan
guru.
|
Pengetahuan
(KI-3)
Keterampilan (KI-4) |
Penilaian
dilakukan untuk setiap KD dengan berbagai teknik: (1) Pengetahuan (Tes Tulis,
Tes Lisan, Penugasan) dan (2) Keterampilan (Praktik, Projek, Portofolio).
Adanya dikotomi penilaian otentik dan non-otentik |
Guru
dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan tentang berbagai teknik
penilaian (beserta kekuatan dan kelemahan masing-masing)
Guru diberi kebebasan memilih teknik penilaian yang sesuai dengan karakteristik KD dan materi pembelajaran Guru menyusun rencana penilaian yang sinkron dan menyatu dengan RPP Kombinasi berbagai teknik dan pendekatan penilaian untuk meningkatkan validitas pengukuran. |
Download : Revisi Panduan Penilaian Kelas Untuk SMP
Demikianlah pembahasan singkat dari artikel hari ini semoga dapat memberikan manfaat, silahkan didownload file revisi panduan penilaian kelas untuk jenjnag SMP diatas.
EmoticonEmoticon